Searching...
24 Mei 2013

Aku Ingin menikahi seorang wanita,akan tetapi ibuku tidak Meridhinya

Pertanyaan :

Aku Ingin menikah dengan seorang janda.Ayahku menyetujuinya.putri dan keluarga wanita janda tersebut juga menyetujui pernikahanku denganya,hanya saja ibuku tidak menyetujui dan tidak meridhoinya.bolehkah aku menikah dengan wanita ini tanpa mengindahkan keridhoan ibuku? Jika aku benar-benar menikah dengannya,apakah aku durhaka kepada ibuku ?

Jawaban :


Hak seorang ibu sangatlah besar,dan berbakti kepadanya merupakan kewajiban yang paling penting.jadi,saya nasehatkan kepada Anda agar tidak menikah dengan seorang wanita yang tidak direstui ibu anda.karena ibu adalah orang yang paling tulus dalam menasehati anda.bisa jadi Ibu anda mengetahui ada perangai buruk pada diri wanita tersebut yang dapat membahayakan anda.Tidak diragukan lagi bahwa berbakti kepada ibu merupakan ketakwaan.
Kecuali jika sang ibu bukan termasuk wanita beragama (kuat),sedangkan wanita yang dilamar termasuk wanita beragama dan bertakwa,Maka anda tidak wajib mentaati ibu Anda dalam hal ini.karena Nabi Shallahu 'alaihi wasallam bersabda :

"sesungguhnya ketaatan itu hanya ada pada yang ma'ruf" (HR.Bukhari no 7145,dan muslim no 1840)

(Dijawab oleh :Syaikh Abdul Aziz bin Abdullah bin Baz Rahimahullah)


[sumber :buku sungguh merugi orang yang mendapati orang tuanya masih hidup tapi tidak mendapat surga Hal. 81-82 cetakan :pustaka Darul Haq]

0 komentar:

Posting Komentar

 
Back to top!